Minggu, 15 November 2009

CaRa BeRBiSNiS

Bisnis merupakan kegiatan yang sangat dinamis dan terus menerus mengalami perkembangan, tidak memandang usaha kecil maupun usaha berskala besar. Kaidah umum dalam kehidupan yang dinamis adalah bahwa segala sesuatu itu berubah yang tidak berubah adalah perubahan itu sendiri. Yang tidak bisa menyesuaikan diri dengan perubahan akan tergilas, sedang yang mampu beradaptasi dengan perubahan akan eksis. Itulah dunia bisnis, maka seorang enterpreneur atau seorang pengusaha harus tetap kreatif dan selalu mengikuti perubahan-perubahan dalam dunia bisnis dengan melakukan penyesuaian-penyesuaian. Intinya tidak ada kata berhenti belajar bagi seorang enterpreneur.
Bagaimana Memulai Sebuah Usaha Bisnis

Seseorang memulai bisnis setelah melakukan pengkajian dan pemikiran yang mendalam dalam segala aspek. Dengan pendekatan analisa SWOT seperti tulisan terdahulu, dapat dibuat gambaran rencana sebuah Bisnis. Ada peluang bisnis yang muncul atau digali dari sekitar kita, kemudian mempertimbangkan resource dan kemampuan yang dimiliki, kompetensi untuk memanfaatkan peluang usaha tersebut, mempertimbangkan kekurangan dan kelemahan dari dalam serta persaingan yang mungkin dari orang lain. Setelah analisa dan pertimbangan-pertimbangan tersebut dilakukan muncul sebuah visi dan gambaran usaha yang akan dijalankan. Meskipun usaha yang dilakukan hanyalah usaha kecil ada baiknya visi dan misi usaha tersebut didefinisikan secara tertulis, agar setiap saat bisa kita monitor perkembangannya apakah sesuai dengan gambaran awal atau tidak. Tanpa dokumentasi tertulis biasanya kita akan lupa atau melenceng dari tujuan awal.
Mengembangkan Bisnis

Visi dan tujuan bisnis yang baik tidak akan berarti apa-apa kalau tidak dijalankan, kebanyakan orang hanya berhenti pada tahap memikirkan dan berangan-angan tanpa tindakan nyata. Maka agar ide menangkap peluang usaha yang cemerlang tidak sia-sia maka langkah selanjutnya adalah melaksanakan. Sekedar melaksanakan tanpa arah yang jelas bagaikan berjalan tanpa tahu arah dan tujuan yang jelas, tanpa panduan peta atau kompas. Maka untuk mengontrol agar yang dilakukan sesuai dengan arah dan tujuan yang benar harus melalui beberapa tahapan-tahapan dan proses. Tahapan dan proses yang harus dilaksanakan dalam merencanakan sebuah bisnis adalah :
1. Planning/Perencanaan Usaha
Bisnis dimulai dengan visi yang jauh kedepan dan diikuti dengan perencanaan yang matang dan baik. Dalam bisnis biasanya orang akan membuat sebuah rencana bisnis/Business Plan yang detail mengenai apa saja yang akan dikerjakan, target-target dan pencapaian yang diinginkan, sumber daya yang dimiliki, sasaran produksi/pasar.

2. Pelaksanaan
Setelah rencana bisnis disusun dan dibuat secara detail dan matang lankah selanjutnya adalah melaksanakan rencana bisnis tersebut. Pelaksanaan diupayakan seperti yang sudah direncanakan, Seorang enterpreneur dituntut untuk konsisten dan disiplin terhadap apa-apa yang sudah direncanakan. Meski adaptasi terhadap situasi diperkenankan tetapi tidak boleh menyimpang terlalu jauh dari rencana semula apalagi toleransi karena ketidakdisiplinan.

3. Monitoring dan Evaluasi
Monioring perlu dilakukan untuk mengontrol sejauh mana hasil pelaksanaan yang telah dilakukan, apakah sesuai dengan tujuan dan sejalan dengan cita-cita usaha awal atau tidak. Monitoring merupakan evaluasi yang dilaksanakan secara berkala yang waktunya bisa ditentukan sesuai dengan kondisi bisnis.Jika bidang usaha bisnis yang dijalankan memiliki mobilitas dan perubahan yang tinggi bisa dilakukan lebih sering. Evakuasi buisa bersifat mingguan, bulanan, 3 bulanan dan sebagainya.

4. Action
Berdasarkan Evaluasi dan monitoring dapat dilihat letak kesalahan dan kekurangan usaha bisnis yang tengah berjalan. Selanjutnya adalah melakukan tindakan untuk memperbaiki dan menambal kekurangan-kekurangan yang ada. Dalam evaluasi terkadang ditemukan ide-ide atau strategi bisnis baru yang patut diterapakan pada waktu selanjutnya.

Keempat proses tersebut bisa jadi merupakan proses yang terus berulang dalam setiap kehidupan bisnis. Seperti yang diuraikan di awal bahwa bisnis merupakan kegiatan yang dinamis dan selalu mengalami perubahan. Maka keempat proses tersebut selalu dibutuhkan dalam kegiatan bisnis. Jika sebuah rencana bisnis tidak membuahkan hasil yang optimal bisa dibuat rencana baru yang lebih rasional atau rencana alternatif yang lebih baik, kemudian dievaluasi lagi, diperbaiki lagi dan seterusnya. Pada akhirnya dengan proses semacam ini yang tidak berhenti bisnis akan berkembang dengan baik dan membawa keberhasilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

BuSiNeSs oF STRaTeGy Copyright © 2009 vio design is Designed by office vio