Sabtu, 31 Oktober 2009

5 Kendala Kasik Menuju Kesuksesan

KENDALA PERTAMA      :    TIDAK PUNYA GOAL YANG JELAS


goals1
Banyak orang yang gagal mendulang sukses di dunia bisnis, kerja maupun pendidikan, karena mereka tidak memiliki GOAL yang jelas. GOAL begitu penting karena :
  • GOAL akan membantu Anda untuk FOCUS pada apa yang  ingin Anda capai.
  • GOAL memberikan HARAPAN, harapan memberikan MOTIVASI  dan motivasi akan menggerakan Anda untuk mencapai apa yang Anda inginkan. Ketika kita kecewa, putus asa GOAL dapat membuat kita focus kembali pada apa yang ingin kita kejar, sebagai contoh Jika Anda memiliki GOAL untuk membeli RUMAH, Anda akan berusaha mati matian bagaimana caranya bisa terbeli RUMAH tersebut. Anda akan mulai berpikir mengenai berapa persen gaji yang akan ditabung ? Apakah perlu membuka usaha sampingan atau kerja paruh waktu ? GOAL  akan mendorong dan menuntun Anda untuk berpikir lebih kreatif dalam mencapai GOAL itu sendiri.
Beberapa hal yang penting dalam menetapkan GOAL
  • GOAL harus spesifik sehingga Anda bisa menfokuskan pikiran dan tenaga Anda tepat pada sasaran.
  • Setiap GOAL harus memiliki time frame ( jangka waktu ), “GOAL is DREAM with DEADLINE” . Anda tidak akan dapat mencapai GOAL Anda jika tidak ada jangka waktu yang jelas, jangka waktu akan memacu adrenalin Anda untuk bergerak lebih cepat, membuat Anda terusik dari kenyamanan Anda sehingga mau tidak mau Anda akan mencari cara yang kreatif untuk mencapai GOAL Anda.
  • Pasang GOAL ANDA SETINGGI MUNGKIN dan dapat di GAPAI. “THE MAGIC of THINKING BIG” jika Anda pernah membaca buku David J Swatch ini maka Anda mengerti apa yang dimaksud dengan THE MAGIC THINKING BIG”. Anda harus menetapkan GOAL yang BESAR, MENANTANG dan DAPAT DIGAPAI.   Saya sering berdiskusi dengan tim penjualan saya mengenai “TARGE SALES ACHIEVEMENT yang TINGGI”, jika mereka diharuskan mencapai target 100% setiap tim penjualan harus bepikir bagaimana bisa mencapai 120% sehingga mereka memacu diri mereka untuk berpikir melampaui rata rata, setidaknya jika 120% tidak tercapai tercapailah 100%. Akan tetapi jika mereka hanya berpikir 100% maka hanya 80% yang tercapai dan seterusnya. “BESAR KECILNYA GOAL ANDA akan MENENTUKAN BESARNYA USAHA YANG AKAN ANDA KELUARKAN”. 

KENDALA KEDUA  :  TAKUT GAGAL

failed

Saya termasuk salah satu orang yang takut gagal awalnya.  Saya tumbuh di keluarga sebagai anak tunggal sehingga boleh dikatakan saya mendapatkan perhatian yang lebih dari orang tua saya. Dari kecil sampai saya kuliah,  saya membangun diri sebagai orang yang tidak pernah gagal dan ini adalah mindset saya apapun yang saya kerjakan harus berhasil, bukannya suatu hal yang buruk tetapi fondasi ini ternyata tidak kuat. Ibarat ada 2 orang ingin memanjat puncak gunung, Orang pertama menggunakan helikopter dan orang kedua memanjat dari kaki gunun, tentunya usaha yang dikeluarkan masing masing orang tersebut berbeda. Orang yang menggunakan helikopter sampai ke puncak gunung relatif mengeluarkan tenaga dan usaha yang kecil jika dibandingkan dengan orang yang memanjat dari bawah. Hasil dan tujuanl kedua orang tersebut sama yaitu sampai di puncak gunung, akan tetapi orang yang memanjat dari kaki gunung membutuhkan usaha yang lebih besar serta kemungkinan gagal lebih banyak dan saya yakin orang tersebut akan memiliki fondasi mental yang lebih kuat dibandingkan orang pertama. Itulah yang saya rasakan,  saya paling tidak bisa menerima kenyataan jika kegagalan besar datang  jika hal itu terjadi saya menjadi frustasi, putus asa dan mudah tess.
Saya menyadari hal ini membuat saya sulit maju dan berkembang, untuk mengatasinya saya mulai banyak bergabung dengan organisasi mahasiswa, organisasi kerohanian, ikut dalam seminar motivasi, Yah dengan membuka diri terhadap tantangan menjadikan saya lebih kuat dalam menghadapi kegagalan.
Jika Anda seorang marketer atau sales person, TAKUT GAGAL adalah KENDALA terbesar untuk membangun KARIR ANDA. Karena jika ANDA TIDAK SIAP MENGHADAPI PENOLAKAN CUSTOMER maka karir Anda akan berhenti disini.
Jika  Anda mengenal  BISNIS MLM dan ASURANSI, mereka adalah kumpulan orang orang yang bertekad baja, berurat kawat, bertulang besi. Mereka tidak lebih pintar dari Anda dan Saya, akan tetapi mereka memiliki ketekunan yang luar biasa dalam menghadapi penolakan penolakan yang pada akhirnya menghantarkan mereka pada pintu KESUKSESAN yang BESAR.

KENDALA KETIGA      : TIDAK PERNAH BELAJAR DARI KESALAHAN

mistakes

Kegagalan orang mendulang sukses adalah bagi mereka yang tidak pernah belajar dari kesalahan masa lampau. Mereka bukannya TAKUT GAGAL tetapi TERLALU SERING MEMBUAT KEGAGALAN dengan melakukan kesalahan yang sama. Melakukan kegagalan yang sama menyebakan ANDA BERJALAN DITEMPAT, oleh karenanya ANDA TIDAK AKAN PERNAH bisa maju, Jika ANDA sedang berlomba lari seakan kaki Anda diikat pada satu tiang yang menyebabkan Anda berlari di tempat sedangkan yang lain sudah lari sangat jauh. TIDAK BELAJAR DARI KESALAHAN membuat Anda tertinggal jauh dari rekan rekan Anda yang lain. KESALAHAN MEMANG PERLU dan JANGAN TAKUT MENGHADAPINYA, tetapi MENGULANGI KESALAHAN YANG SAMA adalah suatu hal yang tidak bijak. jika Anda ingin mendulang sukses HINDARI SEJAUH MUNGKIN KESALAHAN SAMA dalam perjalanan karir dan hidup Anda.

KENDALA KEEMPAT  : BEKERJA SOLO KARIR

teamwork
Orang yang sukses saat ini lebih banyak bekerja dalam tim. Seorang BOSS tidak akan sukses jika dia bekerja sendirian tanpa bantuan timnya, Anda mungkin sudah tahu kepanjangan dari TEAM ( Together We Achieve More ). Baik Anda buka bisnis, bekerja maupun studi, saat ini sulit untuk berhasil tanpa dukungan Tim Anda. Tim tidak selalu partner kerja tetapi Anggota keluarga suami, istri, anak Anda merupakan tim sukses Anda dalam berbisnis dan meniti karir.

KENDALA KELIMA  : MENGANDALKAN KEKUATAN DIRI SENDIRI.


debbie-dewitt-spice-4-patch-faith
Semakin tingginya posisi seseorang maupun semakin besarnya Bisnis seseorang maka semakin sulit untuk menyatakan adanya KEKUATAN LAIN di luar diri sendiri, yaitu kuasa TUHAN YANG MAHA BESAR menopang bisnis dan karir Anda. Semakin berhasil seseorang maka angin kesombongan sangat kuat menerpa diri setiap orang, apakah bahayanya ? ketika badai maupun gelombang besar menghadang kebanyakan orang gugur, jatuh tanpa bisa bangkit lagi. Jika Anda perhatikan teknik pengembangan diri modern selalu terfokus pada I, ME and MY SELF, oleh karena itu disebut teknik SELF DEVELOPMENT yang mendewakan bahwa nahkoda dari hidup ini adalah DIRI ANDA SENDIRI. DIBALIK KESUKSESAN SESEORANG SELALU ADA MUJIZAT dari TUHAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

BuSiNeSs oF STRaTeGy Copyright © 2009 vio design is Designed by office vio